Work From Home (WFH) atau yang kita kenal bekerja dari rumah adalah kebijakan baru yang diterapkan hampir seluruh perusahaan saat di masa pandemi Covid-19. WFH adalah sebuah tantangan baru bagi para perusahaan agar proses bisnis dapat tetap berjalan dengan lancar. Banyaknya kekhawatiran ketika mengubah pola kerja menjadi Work From Home dikarenakan turunnya produktivitas para pekerja. Pola kerja WFH memaksa para pekerja untuk memanfaatkan teknologi dan menciptakan ruang kerja sendiri di rumah.

Dalam menjaga produktivitas dan kesehatan pekerja, Yakes Pertamina memonitor para pekerja dan mitra kerja dengan mewajibkan mengisi absensi digital setiap pagi dan melaporkan pekerjaan yang telah dilakukan setiap hari.

Absensi digital selain memantau absensi pekerja yang WHF juga memuat informasi kondisi kesehatan pekerja dan mitra kerja agar perusahaan mengetahui bagaimana kondisi kesehatan pekerjanya. Jika terdapat pekerja atau mitra kerja yang kurat sehat, maka Yakes Pertamina akan segera menindak lanjuti langsung kepada pekerja bersangkutan.

Produktivitas pekerja terjaga dengan pelaporan pekerjaan yang dilakukan setiap hari melalui atasan masing-masing. Selain itu dilakukan video conference (vicon) yang dilakukan setiap hari sesuai dengan jadwal masing-masing fungsi di Yakes Pertamina. Adanya vicon, operasional layanan dan progress pekerjaan yang telah dilakukan dapat terpantau dan segera dapat tindaklanjutnya. Dengan demikian, walaupun dengan WFH, operasional Yakes dalam mengelola layanan kesehatan untuk pensiunan di masa pandemi ini tetap dapat berjalan dengan lancar.