FAQ (Frequently Asked Question)

Dapatkan Jawaban Anda Disini

Jika Anda mempunyai pertanyaan lain, silahkan hubungi  cs@yakespertamina.com

BENEFIT

  • Pembuat kebijakan berada di  Direktorat Sumber Daya Manusia PT Pertamina (Persero).
  • Yakes Pertamina berperan sebagai pelaksana kebijakannya. 
  • Eks Direksi : 1 tingkat di atas benefit Gol. Utama
  • Eks Gol. Utama dan Pembina (PRL ≥ 16) : 1 bed/kamar
  • Eks Gol. Madya (PRL 13-15) : 2 bed/kamar
  • Eks Gol. Biasa (PRL ≤ 12) : 3 bed/kamar

 

  • Pada intinya, penentuan hak kamar rawat inap adalah berdasarkan jumlah bed. Apabila Pensiunan eks. Gol. Utama rawat inap di Rumah Sakit X dan kriteria Kelas 1 di Rumah Sakit tersebut adalah 2 bed/kamar dan Kelas VIP adalah 1 kamar/bed, maka Pensiunan eks. Gol Utama mendapatkan Kelas VIP. Saat ini sedang dilakukan evaluasi terkait kelas rawatan untuk golongan Utama dan golongan Pembina untuk menyesuaikan tingkat layanannya.

Daftar lengkap mengenai pelayanan kesehatan yang tidak ditanggung ada di Buku Panduan Operasional Layanan Kesehatan Pensiunan PT Pertamina (Persero)

Kriteria penetapan suatu Rumah Sakit yang dapat menjadi Rumah Sakit langganan Yakes Pertamina adalah :

  1. Komitmen dalam melaksanakan layanan berdasarkan prinsip Managed Care (kendali
    mutu, kendali biaya).
  2. Memiliki akses yang mudah dan atau berdekatan dengan kantong populasi pensiunan.
  3. Memiliki layanan medis yang cukup memenuhi kebutuhan medis pensiunan.
  4. Memiliki pola administrasi yang cepat dan transparan.
  5. Memiliki manajemen yang baik dalam pengelolaan tenaga medis, terutama dokter spesialis.
  6. Memiliki layanan-layanan khusus untuk penyakit-penyakit tertentu, misal layanan mata, cuci darah, radioterapi, onkologi dll.

Pensiunan diperbolehkan berobat ke Rumah Sakit yang bukan provider / Rumah Sakit yang tidak bekerja sama dengan Yakes Pertamina untuk kasus emergency. Ada pun kasus emergency yang dimaksud adalah penyakit-penyakit yang membutuhkan penanganan cepat dan tidak memungkinkan untuk berobat ke Rumah Sakit yang bekerja sama dengan Yakes Pertamina, misalnya serangan jantung, serangan asma, kecelakaan lalu lintas, stroke, dll. Kriteria keadaan gawat darurat merujuk kepada kriteria gawat darurat yang digunakan oleh BPJS Kesehatan. Untuk akses ke Instalasi Gawat Darurat/ Emergency yang bukan merupakan rujukan Yakes Pertamina, dapat menghubungi Contact Center 24 jam Yakes Pertamina di Nomor (021) 50961111 (hunting) atau 081320011111.

ADMINISTRASI (SIJ, Kartu Peserta)

Buku Panduan Layanan Kesehatan Pensiunan dapat diperoleh langsung dengan datang ke kantor pusat Yakes Pertamina yang beralamat di Wisma Tugu II, Lantai 1,  Jl. H.R. Rasuna Said Kav. C7-9 Jakarta Selatan, atau dapat menghubungi Call Center  24/7 Yakes Pertamina di nomor (021) 50961111 dan 081320011111.

Yakes Pertamina melakukan evaluasi isi Buku Panduan Layanan Kesehatan Pensiunan setiap 1 (satu) tahun sekali. 

Tidak. Untuk mempermudah layanan kesehatan kepada pensiunan, maka kewajiban pembuatan SIJ untuk para pensiunan ketika akan berkunjung ke luar kota tidak berlaku lagi mulai 1 Maret 2018.

Pensiunan dapat memilih berobat dengan BPJS Kesehatan mandiri, dengan excess yang timbul tidak dapat di cover oleh Yakes Pertamina. 

Silahkan hubungi jika Anda membutuhkan bantuan